Sejarah Himdika FKIP UNTAN

Selasa, 26 Mei 2015
Himpunan Mahasiswa Pendidikan kimia (Himdika)
FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak

Himdika ialah sebuah organisasi kemahasiswaan yang bertempat di Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Himdika sendiri adalah kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia, yang mana Himpunan ini menjadi tempat aspirasi, bakat, serta minat anggota Himdika yang secara umum adalah mahasiswa pendidikan kimia.
          Himdika berdiri pada tanggal 27 Mei 2005,  di gagas oleh  7 orang pemuda mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2003 yang dikenal dengan sebutan wong pitoe yaitu : Mardiansyah, Rahmat, Rody, Lukman, Hadi, Erwadi, Anwar. Setiap anggota Himdika sudah semestinya mengetahui nama-namanya. Perlu diketahui sebelumnya mahasiswa pendidikan kimia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmat) Fkip Untan. Berdasarkan dari apa yang disampaikan oleh salah satu pendirinya sendiri, kita mampu membimbing adik-adik kita, dan kita bisa membuat himpunan baru diprodi kita. Semangat inilah yang akhirnya bisa membuat mahasiswa pendidikan kimia lepas dari Himmat fkip Untan dan membuat himpunan baru dengan nama Himdika Fkip Untan. Dari cerita singkat itu, di ketahui bahwa Himdika adalah organisasi yang masih amat baru.
Melalui berbagai jenis persoalan dalam setiap periode kepengurusan menjadi pelajaran yang amat sangat baik untuk pembenahan, karena guru terbaik itu adalah pengalaman. Membuat inovasi di setiap tahunnya untuk menjadikan setiap agendanya menjadi lebih baik dan lebih menarik. Dari cakupan paling bawah hingga berani mencakup se-Kal-Bar, dari organisasi lokal lingkungan FKIP, kini dikenal dikalangan Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia.
          Dari awal di dirikan,  Himdika tak selalu berjalan mulus, karena jika hidup tanpa masalah itu mati. Himdika bukanlah organisasi yang mati, sehingga persoalan demi persoalan pasti ada dan bertahap datang. Mulai dari hal paling kecil sampai ke hal yang paling besar,komplit, mulai dari yang paling ringan hingga ke masalah yang paling sensitif. Namun Bertahannya Himdika hingga saat ini menandakan himpunan ini bukanlah himpunan yang manja, yang hanya bisa mengeluh dan mengeluh, namun bangkit dan terus berfikir dengan segala jenis fikiran anggotanya untuk terus bisa mendewasakan organisasinya.
          Tanggal 30 Mei 2015 adalah perayaan ulang tahunnya yang ke X yang mana sekaligus menutup semua agenda dari kepengurusan 2014-2015. Kepengurusan yang lebih sering disebut dengan pasukan Armada oleh Pembantu Umumnya, menutup semua agenda dengan syukuran sekaligus menutup rangkaian agenda Dies Natalis, syukur karena telah sukses di agenda PePTIDA (Pelaksanaan dan Pengaplikasian Tri Dharma) yang diketuai oleh Ismail (angk.2012) pada kepengurusan ini di laksanakan di kabupaten Sambas. Sukses Pekim (pekan Kimia) yang dipimpin oleh Yudha Dwi Tama (angk.2012) berhasil membawa pekim sekalbar dengan peserta dari 8 kab/kota.  Sukses pula bergabung Ikahimki yang Munasnya di laksanakan di Universitas Jendral Ahmad Yani Cimahi Bandung. Dan beberapa prestasi lainnya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.
          Mimpi penulis, Berharap Himdika akan semakin eksis, berjaya, dan semakin dewasa. Berani bermimpi besar, dan berani mengambil tanggungjawab besar. Siap bersaing diinternal dan eksternal kampus, dan siap memberikan manfaat pada masyarakat. Rumah yang nyaman untuk anggota, dan pembina yang bijak untuk calon anggota. Tak gentar pada gertakan, tak takut pada ancaman, bijak dan tenang si setiap keputusan. Menulis mimpi lebih tinggi lagi. Menyanyikan Mars lebih keras lagi. Dan mengibarkan bendera lebih sering lagi. Bahkan kalau perlu sampai turun kejalan. Keluar dari sekat organisasi intern kampus, tapi berani kritis seperti organisasi pergerakan.
          Salam perpisahan Himdika Fkip Untan, Himdika Periode kepengurusan 2014-2015. Himdika BerCharisma (Berkarakter kuat, Cerdas, Harmonis, karismatik, dan amanah). Salam cinta, salam rindu, salam kasih dari yang terkasih. Himdika......... Mantap!!!


#HimdikaBerCharisma
#rangerUngu
#semangat08

#semangatMudaPenulisSejarah

Copyright @ 2013 Himdika FKIP Untan. Designed by Templateism | MyBloggerLab