PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DENGAN 2 METODE PEMBELAJARAN YANG SUPER SIMPLE

Rabu, 22 Juni 2016





PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DENGAN 2 METODE PEMBELAJARAN YANG SUPER SIMPLE

Oleh

ARI CHRISTIAN







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK 2016

ABSTRAK


           Metode pembelajaran adalah cara atau jalan bagaimana suatu proses belajar terlaksana dengan benar dan tepat. Metode pembelajaran ini yaitu Mengingat Dengan cara bernyanyi, dan Penyampaian Materi Dengan Gambar. Mengingat dengan cara bernyanyi yaitu suatu bentuk metode memahami apa yang dipelajari secara cepat dan mudah diingat ketika dilakukan dengan menyanyi. Penyampaian materi dengan gambar yaitu metode pembelajaran dengan penyampaian secara keseluruhan suatu materi melalui gambar oleh pendidik kepada peserta didik.


BAB I 
PENDAHLUAN

A.    Latar belakang
          Sejauh ini pendidikan di Indonesia belum terlalu mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan kondisi pendidikan yang kurang baik, pendidikan yang tidak merata dan fasilitas terkait metode pembelajaran yang masih sangat kurang memadai.
         Dengan memperhatikan sejumlah masalah-masalah tersebut, dapatlah kita simpulkan bahwa pemerintah masih kurang berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Meskipun pemerintah telah melakukan upaya seperti pola peningkatan mutu di Indonesia, salah satunya usaha peningkatan mutu dengan perubahan kurikulum dan proyek peningkatan lain seperti, Proyek Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Proyek Perpustakaan, Proyek Bantuan Meningkatkan Manajemen Mutu (BOMM), Proyek Bantuan lmbal Swadaya (BIS), Proyek Pengadaan Buku Paket, Proyek Peningkatan Mutu Guru, Dana Bantuan Langsung (DBL), Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS) dan Bantuan Khusus Murid (BKM).
        Dari upaya-upaya ini belum ada yang terealisasikan dengan baik, sehingga menimbulkan berbagai pendapat yang mengatakan bahwa manajemennya yang kurang tepat dan pemerintah kurang konsisten dengan upaya yang dijalankan.  Salah satu hal  yang dapat meningkatkan mutu pendidikan, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang baik dan benar.
        Metode pembelajaran merupakan cara atau jalan bagaimana suatu proses belajar terlaksana dengan benar dan tepat. Metode pembelajaran sangat penting dalam menentukan keberhasilan dalam belajar. Metode pembelajaran juga memberikan langkah- langkah yang efektif dalam belajar sehingga materi mudah untuk dipahami. Oleh karena itu, pembelajaran yang efektif adalah metode yang menarik.

B.    Rumusan masalah
Dari latar belakang yang sudah dipaparkan diatas dapat dirumuskan suatu masalah  sebagai berikut :
1.    Bagaimana meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia ?
2.    Apa strategi yang paling cocok untuk meningkatkan mutu di Indonesia

C.    Tujuan
1.    Mengetahui cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
2.    Untuk  mengetahui    strategi   yang   paling   cocok   untuk meningkatkan  mutu pendidikan di Indonesia

BAB II 
PEMBAHASAN

(Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dengan 2 Metode Pembelajaran Yang Super Simple)
Metode pembelajaran adalah cara atau jalan bagaimana suatu proses belajar terlaksana dengan benar dan tepat. Metode pembelajaran penting dalam hal membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuannya. Disini ada dua metode yang membantu dalam peningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu Mengingat dengan cara bernyanyi, Penyampaian materi dengan gambar.
1.    Mengingat dengan cara bernyanyi 
         yaitu suatu bentuk metode memahami apa yang dipelajari secara cepat dan mudah diingat ketika dilakukan dengan bernyanyi. Metode ini dibilang sangat simple karena  tidak terlalu mengunakan alat-alat atau bahan tetapi hanya menggunakan suatu instrument atau nada dan dimasukan ke dalam kata-kata dalam materi pelajaran dan dinyanyikan. Metode ini sangat penting dalam membantu seorang peserta didik dalam hal mengingat tanpa harus menghapal suatu kata atau uraian yang sangat sukar untuk dihapal.
          Kebanyakan dalam dunia pendidikan khususnya, para peserta didik ketika menghapal suatu kata atau uraian terlihat bisa, tetapi tidak bertahan lama, mungkin hanya satu atau dua hari hapalan itu melekat dalam pikiran mereka, dan setelah itu hari-hari berikutnya hapalan itu akan hilang dengan sendirinya karena dalam menghapal itu tidak disertai pemahaman yang cukup akan kata-kata itu. Teknik menghapal juga kadang menjadi suatu teknik atau metode belajar yang membosankan karena selalu mengulang- ulang kata agar kata-kata itu dapat masuk dalam pikiran.
Teknik menghapal ini juga sangat kuno untuk zaman sekarang karena ada banyak cara atau metode yang mudah, simple dan sangat membantu untuk memahami suatu kata atau uraian sehingga akan memudahkan dalam mengingat suatu kata dalam materi pembelajaran disekolah atau uraian materi pembelajaran disekolah. Nah, dalam satu metode yang kita bicarakan ini, Metode ini sangat asyik untuk dilakukan, mengapa? karena metode ini terlihat seperti memainkan suatu permainan yang menantang   sehingga dalam proses belajar disekolah tidak membosankan dan sangat menarik perhatian peserta didik dalam sekolah.
          Metode pembelajaran mengingat dengan cara bernyanyi ini juga sangat penting, karena tanpa kita sadari ketika kita belajar, materi dalam pelajaran itu kita nyanyikan seperti sebuah lagu tanpa kita sadari kita serasa tidak belajar tetapi kita bisa memengingat dan memahami materi yang kita pelajari itu dengan mudah. Selain itu kita juga terlihat lebih kreatif.
Dalam dunia modern sekarang telah kita dengar tentang MEA (masyarakat ekonomi asean) dimana kita dituntut untuk bisa berbahasa inggris dengan baik dan lancar, nah metode pembelajaran ini sangat cocok untuk membantu kita dalam menghapal kata-kata atau vocabulary dalam bahasa inggris, contohnya kita bisa menghapal nama-nama hari dalam bahasa inggris dengan menyanyikannya, untuk instrument atau nada yang digunakan ini kita bisa menggunakan nada atau instrument apa saja yang menarik dan yang kita sukai.
2.    Penyampaian materi dengan gambar
         Penyampaian materi dengan gambar ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat baik dan efektif. Metode ini melibatkan suatu gambar yang telah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan oleh pendidik. Gambar tersebut bisa dalam bentuk yang bermacam-macam dan sesuai dengan materi yang akan di sampaikan,misalnya materi biologi yang berhubungan dengan anatomi manusia.
          Metode ini merupakan metode paling ampuh dalam setiap pembelajaran, karena dengan metode ini para pelajar dapat  memahami dan mengingat materi  lebih lama.  Selain itu, metode ini juga dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik dalam bertanya, karena mereka sudah melihat lansung gambaran dari materi tersebut, serta mereka sudah mengetahui bagian gambar mana yang masih kurang dimengerti, sehingga pendidik bisa lansung menjelaskan tentang gambar yang dimaksud. Selain memudahkan peserta didik, metode ini juga memudahkan bagi pendidik dalam menyampaikan konsep tentang materi tersebut. Metode ini juga memiliki keuntungan tersendiri bagi peserta didik, salah satunya peserta didik dapat mengaplikasikan materi tertentu di lingkungan masyarakat dengan pemahaman yang sudah mereka dapatkan sebelumnya.
            Metode ini dapat diterapkan pada semua tingkatan pendidikan seperti PAUD, SD, SMP, SMA, dan sampai Perguruan Tinggi (PI). Selain itu, metode ini juga dapat diterapkan secara umum, seperti didaerah perdesaan, perkotaan dan bahkan perusahaan.
Sehubungan dengan itu, metode ini juga berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk dapat bersaing dalam kerja sama ini, masyarakat Indonesia harus mempunyai banyak keterampilan yang dapat dimanfaatkan, terutama keterampilan Bahasa Inggris, karena Bahasa inggris merupakan Bahasa internasional yang dapat mempermudah dalam komunikasi.
          Mempelajari Bahasa Inggris dapat diterapkan dalam metode ini, yaitu dengan menambahkan kata Bahasa Inggris yang disertai Bahasa Indonesia dalam keterangan gambar yang akan dijelaskan. Sehingga peserta didik dapat mempelajari dua bahasa sekaligus secara bersamaan. Dengan melakukan metode ini, Indonesia sudah siap  bersaing dengan negara lain, karena sudah memiliki banyak keterampilan yang didapat dari dalam negeri dan sudah menguasai Bahasa internasional.
Melihat fungsi dan manfaat dari metode ini, perlu perhatian pemerintah untuk menerapkan metode tersebut di dunia pendidikan dengan melakukan perbaikkan terhadap kurikulum terkait penggunaan metode ini.

BAB III 
PENUTUP

Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkanbahwa :
1.    Penyampaian materi dengan gambar ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat baik dan efektif.
2.    Penyampaian materi dengan gambar merupakan metode paling ampuh dalam setiap pembelajaran,karena dengan metode ini para pelajar dapat memahami dan mengingat materi  lebih lama.
3.    Penyampaian materi dengan gambar dapat diterapkan pada semua tingkatan pendidikan dan masyarakat umum
4.    Metode pembelajaran mengingat dengan cara bernyanyi memudahkan dalam mengingat materi pembelajaran tanpa harus menghapal
5.    Metode mengingat dengan cara bernyanyi adalah suatu metode yang simple dan tidak membosankan.
6.    Metode-metode ini berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya  dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
7.    Perhatian pemerintah merupakan kunci utama dalam penerapan metode-metode ini.


DAFTAR REFERENSI

http://dokumen/artikel/nasional/wikipedia/metode/pembelajaran/efektif 
http://dokumen/artikel/nasional/wikipedia/cara/bagaimana/meningkatkan/mutu/pendi dikan.

Copyright @ 2013 Himdika FKIP Untan. Designed by Templateism | MyBloggerLab